Skip to content
Home » Informasi » Gedung Baru ISBI untuk Pemajuan Seni Budaya Aceh

Gedung Baru ISBI untuk Pemajuan Seni Budaya Aceh

  • by

ASRINALDI, S.Ds., M.Sn., Kepala Lab Desain Komunikasi Visual Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, melaporkan dari Jantho, Aceh Besar

Beberapa waktu lalu, seorang kerabat beserta anaknya datang untuk berbagi kabar baik. Anaknya baru saja lulus mendaftar kuliah di Kampus ISBI Aceh. Rasanya begitu bahagia mendengar berita tersebut. Sebelum mereka berpamitan pulang, saya mengajak mereka untuk melihat gedung perkuliahan Kampus ISBI Aceh yang baru saja selesai dibangun.

Gedung perkuliahan ini berdiri megah dengan tiga lantai dan terletak tidak jauh dari Kantor Bupati Aceh Besar di Kota Jantho. Mengikuti jalan aspal yang menurun, kurang lebih 100 meter, dari arah seberang gerbang kantor bupati, gedung perkuliahan ISBI Aceh tampak anggun di sebelah kanan jalan. Bangunan berwarna putih ini menghadap ke arah gugusan perbukitan hijau. Gedung ini menambah suasana asri dan teduh, menjadikannya tempat yang menarik untuk belajar dan berkarya.

Kami bertiga akhirnya berada di depan gedung, menikmati sejuknya udara sekitar sambil berbincang-bincang tentang betapa pentingnya gedung perkuliahan ini bagi mahasiswa. Gedung berkonsep modern dan ramah lingkungan ini merupakan persembahan dari ISBI Aceh untuk mahasiswa yang kuliah di sini, terutama mahasiswa baru.

Untuk semester ini, hampir seluruh aktivitas perkuliahan akan difokuskan di gedung ini. Terdapat 34 ruangan di dalam gedung ini, lengkap dengan fasilitas ‘smart classroom’ yang menjadi daya tarik utama. ‘Smart classroom’ adalah ruang kelas yang dilengkapi dengan teknologi digital yang mumpuni, membantu pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan proyektor interaktif dan papan tulis digital, mahasiswa dapat berkolaborasi dan berdiskusi dengan dosen serta sesama mahasiswa, menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menarik. Pembangunan gedung tambahan terus dilakukan guna memaksimalkan prasarana dan sarana penunjang perkuliahan dan kegiatan kampus.

Untuk mewadahi aktivitas mahasiswa jurusan seni pertunjukkan, gedung ini dlengkapi dengan teater mini yang mampu menampung 150 penonton, juga menjadi salah satu unggulan dalam gedung ini. Bukan hanya tempat untuk pertunjukan seni, gedung teater mini ini juga menjadi pusat pengembangan kreativitas, keterampilan sosial, dan kesejahteraan mental bagi mahasiswa. Di dalamnya, mahasiswa dapat tumbuh, belajar, dan berbagi dalam komunitas atau kelompok belajar yang mereka bangun.

Gedung ini juga memiliki pustaka dan musala sebagai tempat beribadah bagi seluruh sivitas akademia. Melalui gedung perkuliahan ini, ISBI Aceh memberikan persembahan yang berarti bagi kemajuan pendidikan dan pengembangan potensi mahasiswa. Semua fasilitas yang tersedia di dalamnya, termasuk gedung teater mini dan ‘smart classroom’, memberikan lingkungan pembelajaran yang optimal dan membangun kualitas mahasiswa secara menyeluruh.

Sebagai saksi bisu atas kenangan dan perjalanan mahasiswa dalam mengejar ilmu dan menggapai cita-cita, gedung perkuliahan ISBI Aceh telah menjadi tempat yang istimewa. Bersama teman-teman sejawat dan dosen yang berdedikasi, di dalam gedung ini, mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan berkualitas.

Oleh karena itu, mari kita hargai dan manfaatkan gedung perkuliahan ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan setiap ruang kelas sebagai ladang ilmu dan kebaikan. Mari kita cintai dan jaga gedung perkuliahan ini karena di dalamnya terkandung makna dan nilai-nilai berharga bagi perjalanan kita sebagai mahasiswa. Selamat menempuh perjalanan kuliah, semoga setiap langkah di dalam gedung perkuliahan membawa kita lebih dekat menuju kesuksesan dan masa depan yang cerah.

Pendidikan tinggi adalah tonggak penting dalam pembentukan masa depan suatu bangsa. Gedung perkuliahan adalah ruang tersuci yang memainkan peran sentral dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri mahasiswa. Tidak hanya sekadar tempat mengajar dan belajar, gedung perkuliahan adalah simbol kebijaksanaan dan pengetahuan yang diteruskan dari generasi ke generasi.

Gedung perkuliahan di Kampus ISBI Aceh adalah bukti nyata komitmen institusi tersebut dalam menciptakan lingkungan belajar yang terbaik bagi para mahasiswa. Dengan arsitektur modern yang menawan, gedung ini menawarkan suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman. Kemegahan tiga lantai gedung tersebut mencerminkan eksistensi ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah pudar.
Dengan letaknya yang strategis, gedung perkuliahan ini menghadap ke arah perbukitan hijau, menciptakan kesan harmonis dengan alam sekitar. Mahasiswa yang datang ke sini untuk belajar dan berkarya akan merasakan ketenangan dan inspirasi dari pemandangan yang indah. Atmosfer alam yang sejuk dan asri memberikan pengaruh positif dalam membuka pikiran dan kreativitas mahasiswa.

Salah satu inovasi terbesar dalam gedung perkuliahan ini adalah ‘smart classroom’. Dengan peralatan teknologi, pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik. ‘Smart clasroom’ memungkinkan dosen dan mahasiswa berkolaborasi dalam pembelajaran. Diskusi menjadi lebih hidup dan mendalam sehingga pemahaman materi menjadi lebih baik. Dengan memaksimalkan penggunaan ‘smart classroom’, mahasiswa dapat terbiasa dengan teknologi yang sering digunakan di tempat kerja.

Hal Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja yang “semakin digital”.
Lebih dari sekadar tempat belajar, gedung perkuliahan ISBI Aceh adalah tempat berkumpulnya mahasiswa dari berbagai latar belakang. Mereka bersatu dalam semangat mencari ilmu dan mencapai impian mereka. Dalam setiap sudutnya, terdengar tawa, cerita, dan diskusi yang menggambarkan semangat belajar yang tinggi.

Gedung ini juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter mahasiswa. Melalui kegiatan kampus dan pertunjukan seni yang diadakan di sini, mahasiswa belajar tentang kepemimpinan, kerja sama, dan tanggung jawab. Mereka belajar menjadi sosok yang tangguh dan berintegritas, siap menghadapi dunia luar setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

Tidak hanya ruang belajar, gedung perkuliahan ini juga menjadi rumah kedua bagi para mahasiswa. Di dalamnya, mereka belajar tentang persaudaraan dan solidaritas, saling menguatkan, dan mendukung satu sama lain. Persahabatan yang terjalin di gedung perkuliahan ini akan terus membawa mereka bersama dalam menghadapi berbagai tantangan dan cobaan.

Gedung perkuliahan ISBI Aceh adalah simbol harapan bagi mahasiswa. Di sinilah awal perjalanan panjang menuju kesuksesan dan masa depan cerah. Melalui dedikasi, kerja keras, dan semangat pantang menyerah, para mahasiswa akan mewujudkan impian mereka dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkontribusi besar bagi kemajuan Indonesia.

Jadi, mari kita hargai dan manfaatkan gedung perkuliahan ini dengan sebaik-baiknya. Mari kita jadikan setiap ruang kelas sebagai ladang ilmu dan kebaikan. Jadikan gedung perkuliahan ini sebagai tempat untuk berkembang dan menginspirasi. Mari kita jaga dan rawat gedung ini agar selalu menjadi tempat yang memberi manfaat bagi setiap mahasiswa yang melewatinya.

Sebagai bagian dari ISBI Aceh, gedung perkuliahan ini memiliki misi mulia untuk membentuk generasi yang memiliki nilai-nilai keindonesiaan dan cinta pada budaya lokal. Mahasiswa dari gedung perkuliahan ini akan menjadi agen perubahan yang memajukan seni dan budaya Indonesia, memperkenalkan kekayaan budaya Aceh ke dunia, dan membawa nama bangsa Indonesia meraih prestasi di tingkat internasional.

Mari bersama-sama merayakan kehadiran gedung perkuliahan ISBI Aceh sebagai pusat ilmu pengetahuan, seni, dan inspirasi. Mari kita jadikan setiap sudut gedung ini sebagai tempat pembelajaran dan refleksi diri. Mari kita pupuk semangat belajar dan semangat berkarya, agar kedepannya, gedung perkuliahan ini akan menjadi saksi bisu atas prestasi dan keberhasilan para mahasiswa dalam mencapai impian mereka. Dengan bersama-sama mengisi ruang-ruang gedung perkuliahan ini dengan semangat dan inspirasi, kita akan menciptakan masa depan yang lebih baik, tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia.

Jln. Transmigrasi, Gampong Bukit Meusara, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar, 23911,, Aceh, Indonesia

Rektorat ISBI Aceh
Email : [email protected]
Telepon : +62 811-6891-581 (Call Center)
Fax : 0651-92023

Isi survei performa situs web

© 2022 Institut Seni Budaya Indonesia Aceh – Webmaster All Rights Reserved – Privacy and Copyright

Hari
Jam
Menit
Detik
Institut Seni Budaya Indonesia Aceh