Skip to content
Home » Informasi » Membangun Minat Kuratorial di Tengah Krisis Kurator Museum: Kuliah Lapangan Mahasiswa Kriya Seni di Museum Kota Juang, Aceh

Membangun Minat Kuratorial di Tengah Krisis Kurator Museum: Kuliah Lapangan Mahasiswa Kriya Seni di Museum Kota Juang, Aceh

  • by

Sejumlah mahasiswa Program Studi Kriya Seni dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh melakukan kuliah lapangan di Museum Kota Juang, Bireuen-Aceh Jeumpa pada Selasa, 13 September 2022. Kampus seni yang berada di Kota Janto, Aceh Besar melaksanakan kuliah lapangan ini dalam rangka menuntaskan Mata Kuliah Kuratorial anak didiknya yang sudah memasuki semester 7.

Acara tersebut dipandu oleh Nunung Nurjanah, Kepala Sekolah TK IT Kota Juang Bireuen yang merupakan bagian dari Museum Kota Juang. Acara langsung menyuguhkan materi tes praktek langsung menjadi guide dan kurator.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Museum Kota Juang, Ichsan M.Sn menyampaikan pentingnya belajar menjadi kurator karena saat ini kita mengalami krisis kurator museum dan guide. Hal tersebut terjadi karena posisi kurator tidak dianggap prestisius.

Selain itu, peluang menjadi kurator terkesan sulit dan rumit karena aturan sertifikasi yang rumit. Ichsan, yang juga merupakan Dosen Prodi Kriya Seni, Jurusan Seni Rupa dan Desain di Kampus ISBI Aceh, mengharapkan melalui pembelajaran tersebut, minat menjadi kurator dapat tumbuh seiring kebutuhan kurator di museum-museum di Indonesia, khususnya Aceh.

Sartika Sambiring, Dosen Pengampu Mata Kuliah Kurator, dalam sambutannya berharap kehadiran mahasiswa di Museum Kota Juang dapat menjadi ruang istimewa untuk belajar khususnya tentang kurator. Prosesi kuliah lapangan tersebut ditandai dengan tanya jawab dari beberapa mahasiswa terkait kurator museum. Nora Ulva, S. Hum yang ditunjuk Museum Kota Juang sebagai Kurator Museum menjelaskan, museum tidak boleh hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga hadir sebagai sarana laboratorium dan lokomotif pembelajaran alternatif tentang sejarah, budaya dan seni.

Jln. Transmigrasi, Gampong Bukit Meusara, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar, 23911,, Aceh, Indonesia

Rektorat ISBI Aceh
Email : [email protected]
Telepon : +62 811-6891-581 (Call Center)
Fax : 0651-92023

Isi survei performa situs web

© 2022 Institut Seni Budaya Indonesia Aceh – Webmaster All Rights Reserved – Privacy and Copyright