Skip to content

Sosialisasi Perpajakan, Ajarkan Kesadaran Dosen, Tendik dan Mahasiswa Lapor Pajak.

  • by

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh menggelar sosialisasi Pajak bersama Kantor KPP Pratama Aceh Besar, Selasa (26/04/2022). Sosialisasi yang bertema Sosialisasi Perpajakan ini digelar di Ruang Aula Kampus Seni Pertunjukan ISBI Aceh.

Wakil Rektor Bidang Non Akademik ISBI Aceh, Ir. Syahrizal, MT membuka acara sekaligus memberikan dukungan serta apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan ini, beliau mengatakan kepatuhan untuk lapor pajak merupakan kewajiban setiap warga negara, karena pajak untuk membangkitkan perekonomian negara.

Ketua Panitia, Rahmat Taslim, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sarana edukasi kesadaran pajak dan pengenalan tugas serta fungsi DJP (Direktorat Jenderal Pajak) kepada para dosen, tendik dan mahasiswa sebagai bekal mereka nanti menjadi pembayar pajak di masa depan.

Tampil sebagai narasumber dari KPP Pratama Aceh Besar Rizki Muzawir dan Dori Endrizal, dipandu Moderator Humas ISBI Aceh, Nurul Aflah. Pada paparannya narasumber menyampaikan materi tentang pengantar kesadaran pajak. Menurutnya, perguruan tinggi merupakan mitra bagi DJP dalam rangka memberikan informasi tentang seluk beluk pajak kepada masyarakat. “Ketika masyarakat semakin sadar pajak, maka pendapatan negara akan meningkat,” tutur dori.

Rizki berpesan kepada seluruh sivitas akademika ISBI Aceh agar tidak hanya menikmati fasilitas publik, tetapi tidak mau berkontribusi pada negara dengan membayar pajak.

Dori menambahkan, bagi warga negara Indonesia yang telah menjadi Wajib Pajak (WP) yang telah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) wajib melaporkan SPT Pajak Tahunan. WP tersebut terdiri dari wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan.
Kewajiban WP adalah melapor, membayar, atau memungut pajak bagi WP Badan atau perusahaan. Laporan SPT Pajak Masa PPN dan SPT Pajak Tahunan saat ini menggunakan sistem elektronik yang sangat mempermudah masing-masing wajib pajak melaporkan pajak.
Kegiatan sosialisasi pajak ini diikuti 130 orang mahasiswa, tendik dan dosen. Pelaksanaan sosialisasi berlangsung mulai pukul 10.00 Wib dan berakhir pukul 12.00 Wib. Acara ditutup dengan pemberian hadiah bagi para penanya yang beruntung.

Jln. Transmigrasi, Gampong Bukit Meusara, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar, 23911,, Aceh, Indonesia

Rektorat ISBI Aceh
Email : [email protected]
Telepon : 0651-92023
Fax : 0651-92023

Isi survei performa situs web

© 2022 Institut Seni Budaya Indonesia Aceh – Webmaster All Rights Reserved – Privacy and Copyright