MONITORING USULAN

1
2
3

PENGANTAR

Subbagian Perencanaan merupakan salah satu bagain yang berada dibawah Bagian Perencanaan, Akademik dan Kemahasiswaan. Salah satu tugas Subbagian Perencanaan adalah melakukan penyusunan perencanaan dan penganggaran kegiatan. Proses penyusunan dan penganggaran tersebut dapat berupa usulan program atau kegiatan baru untuk tahun anggaran selanjutnya atau usulan revisi anggaran kegiatan untuk tahun anggaran berjalan. Untuk melakukan tugas tersebut dibutuhkan data-data sekunder yang relevan.

Untuk itu, demi memperlancar proses pengumpulan data sekunder tersebut Subbagian Perencanaan memanfaatkan aplikasi collecting data berbasis web berupa aplikasi Zoho yang digunakan untuk proses pengumpulan data dan Aplikasi Airtable untuk memonitoring status usulan kegiatan atau usulan revisi kegiatan yang sudah diajukan.

Formulir data usulan program, anggaran dan kegiatan yang ada pada web ISBI Aceh ini akan digunakan oleh unit kerja yang ada di ISBI Aceh untuk mengajukan data usulan program kegiatan atau data usulan revisi anggaran kegiatan. Penanggung jawab kegiatan dapat mengakses form tersebut dan dapat mengajukan data usulan secara online. Tidak sampai disitu saja, para pengusul juga dapat mengetahui bagaimana progress data usulan mereka, apakah usulan mereka ditolak, di proses atau ada perbaikan-perbaikan tertentu. Dimana status informasi usulan kegiatan maupun usulan revisi anggaran kegiatan dapat di monitoring pada aplikasi Airtable yang ada di web ISBI Aceh.

Seluruh data usulan yang masuk akan ditelaah oleh staf Subbag Perencanaan, yang kemudian adanya tindak lanjut sebagai informasi yang akan ditampilkan pada status usulan kegiatan atau usulan revisi anggaran kegiatan pada aplikasi Airtable. Informasi monitoring status revisi tersebut akan di update oleh staf Subbagian Perencanaan yang bertugas sebagai admin aplikasi Airtable sehingga para pengusul dapat memantau status perkembangan data usulan mereka. Demi mewujudkan berjalannya dengan baik pelayanan ini, diharapkan adanya kerja sama semua pihak sehingga seluruh proses dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Setelah seluruh data usulan masuk melalui form usulan, staf Subbagian Perencanaan langsung mengupdate dan menginput status usulan pada aplikasi Airtable. Fungsinya adalah agar para pengusul dapat memantau sejauh mana perkembangan usulan yang mereka ajukan. Apakah usulan tersebut di proses atau tidak.  Yang menjadi dasar penelaahan adalah kesesuaian anggaran dengan SBM (Standar Biaya Masukan), kesesuaian mata anggaran dan adanya keseragaman dalam jenis biaya tertentu. Keputusan finalisasi proses usulan tetap berada pada level pinpinan.

Wakil Rektor Bidang Non-Akademik ISBI Aceh Periode 2019-2023 menggantikan Wakil Rektor Bidang Non Akademik sebelumnya yaitu Dr. Zahrul Fuadi … Selanjutnya>>