Rektor ISBI Aceh

Dr.Ir. Mirza Irwansyah, MBA,MLA. Putra asli Banda aceh yang lahir pada tanggal 26 Mei 1962, di lantik kembali oleh Menristekdikti sebagai Rektor ISBI Aceh periode 2018-2022 pada tanggal 20 Desember 2018.

Mirza Irwansah menyelesaikan studi S1-nya di Institut Teknologi  Sepuluh Nopember pada tahun 1986, Beliau juga berhasil mendapatkan gelah Master (MBA) di Northrop University,Los Angeles, USA, dan Master (MLA) University of Pennyslvania, Philadelphia, USA. Serta berhasil menempuh pendidikan S3 (Dr) di University of South Australia, Adelaide pada tahun 2003.

Selain menjabat sebagai seorang Rektor ISBI Aceh, Mirza Irwansyah juga tercatat aktif mengajar di Universitas Syah Kuala pada Program Studi Arsitektur. Diantara mata kuliah yang diajarkan antara lain Arsitektur Lansekap, Perancangan Tapak, Perancangan Lansekap, Tata Ruang Kota, Sustainable Arsitektur.

Selain mengajar, Beliau juga aktif berkontribusi dalam publikasi jurnal ilmiah baik di dalam maupun luar negeri , diantaranya  An Environmental Assessment of Vernacular Housing in Banda Aceh, Indonesia (2017), Kajian Jalur Evakuasi dan Titik Evakuasi Bencana Gempa Bumi Berpotensi Tsunami Berbasis Masyarakat, Rona Lingkungan Hidup (2013), dan masih banyak yang lainnya.

Sebagai seorang akademisi maupun Abdi Negara, beliau tercatat telah mendapatkan 3 kali penghargaan yaitu Pembangunan Rekonstruksi Aceh-Nias, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Banda Aceh, Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009, Satya Lencana Karya Satya XX Tahun, Pemerintah Republik Indonesia, Banda Aceh, Indonesia pada tanggal 2 Mei 2013, dan Satya Lencana Karya Satya XXX tahun, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia pada tanggal 19 Agustus 2019.

Wakil Rektor Bidang Akademik

Drs.Yusri Yusuf, M.Pd lahir pada tahun 1958 di Krueng  Mane, Aceh Utara, adalah seorang Wakil Rektor Bidang Akademik yang dilantik oleh Rektor ISBI Aceh pada tanggal 24 Mei 2018 beriringan dengan dilantiknya Dr. Zahrul Fuadi, ST., M.Sc sebagai Wakil Rektor Bidang Non-Akademik.

Beliau berhasil menempuh pendidikan S1 (Drs) di Universitas Syiah Kuala Pada tahun 1983 pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP). Setelah itu beliau menyelesaikan pendidikan S2 (M.Pd) di Program Studi Bahasa IKIP Bandung pada tahun 1991.

Beliau juga tercatat sebagai dosen Universitas Syiah Kuala yang mengajar di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada beberapa mata kuliah antara lain Korespondensi Indonesia I, Bahasa Indonesia, Psikolinguistik, Pengajaran Mikro, Sejarah Sastra, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain beraktifitas sebagai dosen, Yusri Yusuf juga aktif dalam menulis buku antara lain Syair Do Da Idi dan Pendidikan Karakter Keacehan (2013), Identitas Keacehan (2013), Tsunami dan Kisah Mereka (2006), Struktur dan Fungsi Mantra Bahasa Aceh (2001).

Wakil Rektor Bidang Non-Akademik

Ir. Syahrizal, MT adalah Wakil Rektor Bidang Non-Akademik ISBI Aceh Periode 2019-2023 menggantikan Wakil Rektor Bidang Non Akademik sebelumnya yaitu Dr. Zahrul Fuadi, ST.M.Sc periode 2018-2019 yang dikembalikan ke Unsyiah. Sebelumnya, beliau merupakan Dosen Fakultas Teknik (FT) Program Studi Teknik Elektro Unsyiah dan Juga merupakan Kepala ULP Unsyiah.

Beliau menyelesaikan pendidikan Strata 1 (ST) –nya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tahun 1992 pada jurusan Teknik Elektro dan menyelesaikan S2 (MT) pada tahun 2003 pada Universitas dan Jurusan yang serupa.

Beliau juga aktif dalam berkontribusi dalam jurnal ilmiah, beberapa jurnal yang telah dipublish antara lain APLIKASI SISTEM TENAGA SURYA SEBAGAI SUMBER TENAGA LISTRIK POMPA AIR (2018), Desain dan Analisis Inverter Satu Fasa dengan Menggunakan Metode SPWM Berbasis Arduino (2017), Analisis Proteksi Relay Diffrensial Terhadap Gangguan Internal dan Eksternal Transformator Menggunakan PSCAD/EMTDC (2011), dan lain sebagainya.

Syahrizal juga turut aktif dalam menulis buku antara lain Modul Praktikum Pengemudian Motor Listrik,  dan Buku Ajar Pengukuran Besaran Listrik. Selain itu beliau juga tercatat telah menerima penghargaan Satya Lencana Satya Karya 10 Tahun, Pemerintah Indonesia, Jakarta, Indonesia pada tanggal 2 September 2011.